Sabtu, 10 April 2010

Presiden Polandia Tewas(Universitas Surabaya Kampus Hijau)

Presiden Polandia Lech Kaczynski dan isterinya tewas dalam jatuhnya pesawat di dekat bandara Smolensk, Rusia Barat. Sejumlah pejabat Polandia yang turut dalam rombongan juga tewas.

"Tak seorangpun penumpang pesawat yang selamat," kata Gubernur Smolensk, Sergei Anufriev, dalam keterangan persnya, sesaat setelah peristiwa terjadi, seperti dikutip Associated Press, Sabtu, 10 April 2010.

Pesawat kepresidenan yang mengangkut sekitar 132 penumpang itu jatuh sekitar pukul 11.00 waktu setempat, atau sekitar pukul 14.00 WIB. "Pesawat mengalami kecelakaan menjelang pendaratan. Kemungkinan besar pesawat menghantam pepohonan dan jatuh," katanya.

Di Warsawa, Ibu Kota Polandia, Perdana Menteri Donald Tusk langsung menggelar rapat luar biasa untuk membahas penanganan masalah tersebut. Berdasarkan konstitusi, ketua parlemen, Bronislaw Komorowski, akan menggantikan posisi presiden selama masa darurat.

Kaczynski tewas dalam usia 60 tahun. Ia menjabat sebagai presiden Polandia sejak Desember 2005, setelah menaklukkan Tusk dalam pemilihan umum. Ia dan sejumlah pejabat Polandia mengunjungi Smolensk untuk memperingati 70 tahun tragedi pembantaian Katyn, saat tentara rusia membunuh ribuan warga Polandia.

Presiden Polandia Lech Kaczynski dan istrinya meninggal, Sabtu (10/4/2010) bersama 130 orang korban lainnya, saat pesawat yang ditumpanginya akan mendarat di Rusia bagian barat. Belum ada kepastian penyebab jatuhnya pesawat. Namun cuaca dilaporkan berkabut di areal tersebut.

Gubernur Regional Smolensk menjelaskan kecelakaan pesawat terjadi sekilat pukul 11.00 waktu setempat atau sekitar pukul 07.00 GMT. "Pesawat kepresidenan Polandia gagal mencapai landaspacu. Penyelidikan sementara diketahui bahwa pesawat menabrak pucuk pohon kemudian terjatuh," kata Sergei Anufriev dalam saluran berita Channel Rossiya-24.

Rossiya-24 menampilkan gambar video dari tempat jatuhnya pesawat. Dari gambar terlihat masih ada api yang berkobar dari badan pesawat yang telah hancur berkeping-keping tersebut di antara pepohonan.

Hingga saat ini belum dapat dipastikan penyebab jatuhnya pesawat. Namun laporan sementara menyebutkan cuaca di areal tersebut berkabut.

"Tidak ada penumpang yang selamat," demikian konfirmasi dari Kementerian Luar Negeri Polandia yang memastikan Kaczynski bersama istrinya ada di dalam pesawat naas tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Universitas Surabaya Kampus Hijau

 
Increase Page Rank


Pasang Iklan Gratis