Kamis, 18 Maret 2010

Universitas Surabaya Berhasil Masuk Dalam Jajaran Top Universities di Tingkat Asia(Universitas Surabaya Kampus Hijau)

Sebanyak 17 perguruan tinggi di Indonesia terpilih sebagai perguruan tinggi terbaik tingkat Asia untuk kriteria Fakultas Tingkat Internasional 2009 hasil survei yang dilakukan Quacquarelli Symonds (QS)/www.topuniversities.com yang berkedudukan di London, Inggris. Urutan pertama diraih Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, kedua Institut Pertanian Bogor, dan ketiga Universitas Pasundan (Unpas) Bandung.

Hal itu disampaikan Ketua Forum Rektor Jawa Barat dan Banten, Profesor Didi Turmudzi melalui rilisnya, baru-baru ini. "Di tingkat Asia yang lolos sebanyak 406 PT. Sementara total di Indonesia 36 PT baik PTN dan PTS dengan 17 di antaranya terpilih sebagai PT terbaik tingkat fakultas. Yang lebih menggembirakan lagi 5 PT di antaranya berada di Jawa Barat, di mana 3 PT di dalamnya berada di Bandung, yakni Unpas, ITB, dan Unpar (Universitas Parahyangan)," katanya.

Menurut Didi yang juga Rektor Unpas, urutan keempat sampai dengan 17 terdiri dari Universitas Surabaya, Universitas Bina Nusantara, Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Indonesia (UI), Universitas Jember, Universitas Airlangga (Unair), Universitas Brawijaya (Unbraw), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), Institut Teknologi 10 November Surabaya, Universitas Sebelas Maret, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Negeri Padang, dan Universitas Sriwijaya (Unsri).

Hasil QS London

QS London, lanjut Didi, juga mengumumkan 36 perguruan tinggi asal Indonesia yang terbaik di Asia untuk kriteria kesejajaran akademik. Posisi pertama ditempati UI, ITB, dan Unair. Di Jabar termasuk yang terbaik pada kriteria tersebut IPB (ke-4), Unpad (10), Unpar (17), Universitas Maranatha, Unpas (28), Polban (34). "Sementara penilaian yang berdasarkan karya ilmiah (makalah)/fakultas terdiri dari ITB (1), IPB (2), UI (3). Urutan keempat sampai 23 yang ada di Jabar terdiri dari Unpad (7), Unpar (16), dan Unpas (22)," ucapnya.

Kemudian untuk kriteria rasio jumlah mahasiswa/fakultas pada versi QS tersebut sejumlah perguruan tinggi di Jabar juga mendapat predikat terbaik, yakni UI, IPB, ITB, Unpad, Unpar, dan Unpas. Sedangkan berdasarkan kriteria pertukaran mahasiswa ke luar negeri, masing-masing ditempati UI (ke-1), ITB (2), dan Undip (3). Untuk urutan ke 4-13 terdiri dari Universitas Negeri Padang (4), Universitas Sebelas Maret (5), Unibraw (6), UNY (7), ITS (8), Unsri (10), Unpas (11), Unair (12) dan Ubaya (13).

"Sebaliknya untuk penilaian kriteria berdasarkan pertukaran mahasiswa ke dalam negeri masing-masing diraih ITB (ke-1), Universitas Negeri Padang (2), UI (3), Universitas Sebelas Maret (4), UGM (5), Undip (6), UNY (7), Ubaya (8), ITS (9), Unpas (10), Unair (11) dan Unsri (12)," paparnya.

2 komentar:

Universitas Surabaya Kampus Hijau

 
Increase Page Rank


Pasang Iklan Gratis